NewsCyber.tech

Belajar Lah Sebelum Belajar Itu Di LARANG !

Cegah Hacker! Ini Cara Hentikan Aplikasi Yang Mengakses Lokasi Di Android

 Izin akses layanan seperti kontak, pesan, atau lokasi akan muncul saat kamu menginstal aplikasi. Namun, ada sebagian pengguna HP Android tidak memperhatikan hal ini, bahkan mungkin tidak mengetahui adanya izin akses tersebut.
Selain berpengaruh pada privasi, izin akses layanan aplikasi, seperti lokasi, berpotensi membuat kuota data dan baterai boros. Apalagi jika kamu memasang aplikasi yang memang tidak tersedia di Google Play Store. Sangat bahaya! Nah, bagaimana cara hentikan aplikasi agar tidak mengakses layanan lokasi di HP Android kamu? Ini dia Jaka kasih tahu caranya.

Cegah Hacker! Ini Cara Hentikan Aplikasi yang Mengakses Lokasi di Android

Hentikan Aplikasi Akses Lokasi di Android Jelly Bean 4.3 - 5.1 Lollipop

masukkan deskripsi gambar disini
Buat kamu pengguna HP dengan OS Android 4.3 Jelly Bean sampai Android 5.1 Lollipop, pertama-tama silakan buka Setting > Location dan klik toogle off. Dengan menonaktifkan pengaturan ini, maka HP kamu akan berhenti mengakses data lokasi.
Cara di atas berlaku untuk stop akses lokasi secara keseluruhan. Tapi, kamu juga bisa hentikan akses layanan lokasi dari aplikasi secara individual dengan syarat HP kamu sudah di-root.
masukkan deskripsi gambar disini
Jika akses root sudah didapatkan, pertama silakan instal aplikasi bernama AppOps lewat Google Play Store. Jika sudah terpasang, silakan buka aplikasi tersebut dan cek aplikasi apa saja yang menggunakan layanan lokasi. Untuk menghentikannya, kamu cukup klik aplikasi yang dimaksud dan ubah toogle ke posisi off pada bagian location.
Sumber: Android Pit

Hentikan Aplikasi Akses Lokasi di Android 6.0 Marshmallow

Foto: Android Pit
Cara hentikan aplikasi yang mengakses lokasi di HP bersistem operasi Android lawas memang tergolong ribet. Namun, kamu yang memakai OS Android 6.0 Marshmallow bisa melakukan cara lebih simpel. Untuk menghentikan akses lokasi secara keseluruhan, klik Setting > General > Location dan ubah toogle ke posisi off.
Jika ingin menonaktifkan layanan lokasi di aplikasi tertentu, klik Setting > General > Apps > Configure apps atau App settings > App permissions.
Foto: Android Pit
Di bagian App permissions, kamu bisa melihat list akses layanan apa saja yang digunakan aplikasi. Jika ingin matikan akses lokasi, klik Your location dan ubah toogle ke posisi off pada bagian aplikasi bersangkutan.
Ada baiknya, akses layanan lokasi untuk aplikasi seperti Google Maps, Waze, atau aplikasi transportasi online tetap kamu nyalakan agar lebih mudah saat ingin melacak lokasi ataupun melakukan order. Di luar aplikasi tersebut, barulah akses layanan lokasi kamu matikan agar privasi tetap aman, hemat data, dan hemat pemakaian baterai. Jika punya pengalaman seru saat menggunakan fitur lokasi di HP Android kamu, jangan lupa share via kolom komentar ya!
Semoga Bermanfaat
Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2017 NewsCyber.tech - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia